Selasa, 01 September 2020

Akhirnya bertemu Jodoh

Hallo teman-teman semua, yang sebelumnya sempat baca curhatan aku di blog aku sekitar 3 tahun yang lalu, pasti tau gimana sedihnya aku dulu. Nah lepas dari laki-laki kurang ajar itu, yang fotonya dan selingkuhannya itu terpampang nyata di blog aku, wkwkwk πŸ˜‚ dan sekarang di tahun 2020, tahun penuh cobaan karena bumi kita diserang oleh virus yang bernama COVID-19. Dibalik beratnya cobaan hidup, aku bertemu dengan jodohku....

Berawal di bulan Maret 2020, ketika virus corona masih di Cina, belum heboh di Indonesia, aku lagi dekat sama seseorang berinisial A. A ini bekerja sebagai salah satu prajurit AU di daerah PKU. Kebetulan kami aslinya satu kota. Kami kenalan,  ngobrol, trus tukeran no hp juga. Gak terasa udh beberapa bulan kenal, nah pertengahan bulan Maret itu si jodoh aku nih, hahaha aku panggilnya Abang aja ya. Abang ini nge-chat di salah satu aplikasi chat. Awalnya aku gak mau bales chat nya karena seperti biasa banyak spam kan, tapi mungkin ini yang namanya jodoh kali ya. Gak sengaja chat dari abang kebuka. Namanya chat udh kebaca, ya ketahuan dong. Iseng aku baca chat nya dari awal, ternyata kita pernah chattingan 3 tahun yang lalu, bahkan abang pernah memberikan ucapan selamat ulang tahun tapi emang dasarnya aku malas respon orang, jadinya aku cuekin hahaha.... (apa ada yang sama seperti aku? suka cuekin chat dari orang? wkwkwk)

Nah aku sempat galau dideketin 2 cowok (sebenarnya 3 sih, yang 1 lagi gak perlu diceritain karena sudah ku hempas manja hahaha... udah keliatan gelagat tidak baik, ya sudahlah ya.....). Aku dulu bingung, karena dua-duanya baik. Lalu aku cerita ke sahabat aku, katanya semua orang akan baik diawal. Iya yah, aku jadi ikut berfikiran seperti itu. Nah, beberapa hari setelah kami ngobrol, abang ngajak ketemu. Aku bingung dong, aku kan lagi dekat sama si A, nah abang ngajak ketemu itu gimana ceritanya, kok aku ngerasa kayak cewek-cewek playgirl gituπŸ˜… Jadi abang ngajak ketemunya sepulang aku kerja, aku bilang kalau aku pulangnya jam 15:00, tapi abang bilang dia nya belum pulang kerja, masih di dekat bandara. Trus aku mikir, dari bandara kesini kan cuma 1 jam paling lama, ya udah aku tungguin. Tapi udah nyaris 2 jam aku nunggu abang gak datang-datang juga. Ya aku males dong nungguin, aku pulang aja. Tapi di jalan, aku kepikiran abang. Gimana dong kalau abang datang, aku gak ada. Ya udah deh aku balik lagi ke tempat kerja dan nungguin abang.

Kira-kira 30 menit kemudian abang datang. Ya udah aku samperin di depan. Pertama kali ketemu kami bersalaman trus abang nanya mau kemana. Aku bingung dong, emang mau kemana sih, ya aku ngikut aja. "Lama ya nunggunya? maaf abang dari bandara ke daerah PR dulu ganti baju, trus langsung kesini". Lah aku kaget dong, pantesan lama. Dari bandara ke PR 1 jam, dari PR kesini sekitar 1,5-2 jam. Astaga ini orang nekat juga aku pikir. "Tapi abang sholat ashar dulu ya, abang belum sholat" katanya. Ya udh aku tunjukin jalan ke musholla. Lalu sambil nungguin abang sholat, aku berdiri di dekat motorku. Beberapa menit kemudian abang datang dan langsung telfon papa. Lah aku kaget dong ya, kok abang ini ketemu aku langsung lapor papa? Eh ternyata abang cerita kalau Papa sebenarnya udah ngenalin aku ke abang dan kasi no hp ku juga. Trus abang bilang, "ooh ini anak komandan? saya kenal. dulu pernah chattingan di sos-med tapi gak terlalu direspon, ya udah saya gak berani chat lagi". Trus papa bilang "ya udah ini no hp nya, chat lagi aja siapa tau kali ini direspon. Atau besok kamu kerumah ya, nanti saya kenalin sama anak saya." Lalu abang lanjutin ceritanya, "sebenarnya malam minggu kemaren abang udah ke rumah ika, tapi gak ketemu karena ika udah pergi dinas malam". Aku kaget dong, papa gak pernah cerita. Ya udah abang ngajak ngobrol sambil makan. Trus seperti biasa, nanya tentang kehidupan sehari-hari, tentang keluaga, dan banyaklah.

Nah, kelupaan deh sama si A. hahahaha.... setelah ketemu abang, aku ragu. Sama si A atau abang ya? lalu aku cerita ke mama. Mama saranin aku buat sholat istiqarah. Setelah itu aku tetap intens komunikasi dengan 2 makhluk ini hahahaha... dan lama-lama terbongkarlah tingkah laku mereka masing-masing. Si A ini selalu menuntut untuk dihubungi, diperhatikan, ditanyain udah makan atau belum, nyanyi sebelum tidur, pokoknya memaksa semua keinginannya harus terpenuhi, kalau enggak dia bakal marah-marah gak jelas. Sedangkan abang aku, justru memperlihatkan dirinya apa adanya. Bergaya biasa, makan di tempat biasa, ngobrol biasa, kalau sibuk ya gak harus dihubungi, tidak menuntut ini itu, sama sekali tidak menunjukkan tingkah yang aneh. Dan hari itu, tepat 2 minggu sebelum aku berulang tahun, aku mantap memilih abang setelah sholat, berfikir matang-matang dan berdiskusi dengan kedua orang tuaku. 

Hari berikutnya, kita jalan, abang tiba-tiba bertanya. "ika pernah pacaran sama anggota?" Aku jujur jawab pernah, tapi aku gak kasi tau siapa orangnya. Dan ternyata sebenarnya abang udah tau tentang aku, mantan aku dari teman-teman kantornya. Jadi abang aku ini sejak lulus jd anggota dinas di daerah Jawa dan baru pindah kesini awal tahun ini. Penempatan awal setelah pindah kebetulan di kantor papa aku. Sekarang sudah penempatan tetap di daerah PR. Jadi dia baru kenal sama orang-orang di kantor papaku, termasuk mantan aku. Ya udah akhirnya aku ngaku, emang aku pernah pacaran sama mantan aku yg selingkuh itu. Lalu dia nanya, udah ngapain aja selama pacaran. Aku kaget dong ditanyain begitu. Aku gak ngapa-ngapain, emangnya ada apa? Trus ceritalah abang, kalau image aku itu jelek banget di kantor papa. Karena mantan aku tu cerita ke semua orang jeleknya aku selama pacaran dengannya. Dia bilang aku orangnya keras, meninggi hati, sombong, suka memandang rendah orang, suka mengekang dan melarang-larang.  jadi jangan mau sama rika itu. Aku kaget dong difitnah seperti itu, seketika aku ingat papa dan merasa sangat sedih. Secara tidak langsung aku bikin papa malu dikantornya, Tapi papa tidak pernah cerita selama ini. Jujur aku kaget dan nangis cerita ke abang. 

Dan akhirnya tumpahlah semua cerita ini, aku buka lagi lembaran demi lembaran luka sakit hatiku ketika berpisah dengan mantanku. Semua permasalahan kami sampai akhirnya kami berpisah. Aku betul-betul menangis di depan abang, aku gak tau lagi rasanya malu banget nangis di depan cowok. Lalu abang bilang, oke abang ngerti. Kan sekarang jadi jelas ceritanya, jelas permasalahannya. Abang bisa paham kenapa mantan aku bisa bicara fitnah seperti itu. Abang terus memberiku semangat dan menguatkan aku karena permasalahan ini. Teman-teman seangkatannya pun bilang kalau ragu, lebih baik tinggalkan aku dan cari yang lain. Jujur aku sedih banget ketika orang-orang yang tidak tau masalahnya dengan jelas tega nge-judge aku dan bilang untuk menjauh dariku. Aku bahkan tidak mengenal orang-orang itu. 

Dihari aku berulang tahun, abang ternyata lupa ulang tahunku 😭 aku ketemu abang lagi sepulang kerja, abang bertanya bagaimana keadaanku. Aku bilang aku mulai baik-baik saja, terima kasih selalu menyemangatiku. Lalu saat kami makan malam, aku bilang "biar ika yang bayar, traktir ulang tahun". Abang kaget, "lah kapan ika ulang tahun emangnya?".... "Sekaraaang....!!!" teriakku. Abang ketawa sambil meminta maaf, "maaf ya abang sibuk seharian ini, lupa tanggal. Maaf ya...." katanya. Aku diam aja dan kemudian kami pulang.

Besoknya, kami ngobrol di mobil dan tiba-tiba abang bilang "abang gak cari pacar ya dek, abang cari istri. Mau menikah sama abang?"... Aku kaget dong, aku jawab "ika juga gak cari pacar, ika mau cari yang serius untuk menikah". Trus abang jawab "ok berarti keinginan kita sama. gimana? mau menikah sama abang?" entah setan apa yang merasukiku waktu itu, aku bilang "Ya, aku mau..." Entah sama-sama merasa grogi atau gimana, abang tersenyum dan bilang, "ok berarti tinggal ngomong sama orang tua aja, ya udah hati-hati ya pulangnya". 

Dijalan, aku mikir "eh tadi itu dilamar ya? eh itu gimana sih beneran aku langsung jawab iya? aku yakin gak sih? dia tau cerita aku sama mantan aku, dia juga tau gimana aku dijelekin oleh teman-temannya dan orang-orang dikantor papa, tapi kok dia masih mau sama aku ya? eh itu tadi gak main-main kan? tapi ya udah lah terlanjur bilang iya, gimana dong?...."

Beberapa hari kemudian, papa ngomong dan nanya "itu kakak gmn sama si abang? keluar terus, gmn tuh ceritanya? serius gak? kalau main-main ya gak usah aja". Aku kaget dong ditanyain begitu. Aku telfon abang, aku cerita kalau papa nanyain. Trus abang bilang "ya udah hari sabtu abang kerumah deh ngomong sama papa".

Nah, Jumat malam, bel rumah bunyi. Mama bilang "Kaa si abang datang". Lah aku kaget dong, janjinya datang hari sabtu, kok sekarang hari jumat abang udah datang. Trus ngobrol sama aku sebentar, habis itu abang ngobrol sama papa. Awalnya sih cuma bahas bola, tapi ujung-ujungnya abang ngomong kalau dia serius mau minta aku untuk jadi istrinya. Nah papa senang, lalu bilang ya sudah kalau kami berdua sudah merasa cocok, merasa nyambung dan nyaman satu sama lain, tentu kami setuju. Lalu papa menanyakan kapan aku dikenalin ke keluarga abang. Abang bilang minggu depan aja pas abang libur.

Seminggu kemudian aku bertemu dengan keluarga besar abang. Alhamdulillah aku diterima dengan baik. Keluarganya baik dan menyenangkan. Ibunya baik sekali. Rasa takutku sebelum bertemu keluarga abang hilang sudah. Keluarga ini membuat rasa canggungku hilang ketika berada diantara mereka. Aku bersyukur sekali.

Next yaaaa.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar